SK/KD/INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Standar Kompetensi

Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.

  1. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, reaksi eksoterm dan reaksi endoterm

  1. Indikator
    1. Menjelaskan hukum / asas kekekalan energi
    2. Membedakan antara system dengan lingkungan
    3. Membedakan reaksi yang melepas kalor (eksoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm).
    4. Menghitung enthalpi molar
    5. Menentukan  perubahan enthalpy (∆H) secara secara kalorimetri,
    6. Menentukan  perubahan enthalpy (∆H), hokum hess.
    7. Menentukan  perubahan enthalpy (∆H) dengan Enthalpy pembentukan dan data energy ikat
    8. Menentukan  perubahan enthalpy (∆H) dengan data energy ikatan

 

  1. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa dapat membedakan antara system dengan lingkungan
    2. Siswa dapat membedakan antara reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
    3. Siswa dapat menentukan persamaan termokimia.
    4. Siswa dapat menggambarkan diagram energy.
    5. Siswa dapat menghitung nilai enthalpy molar.
    6. Siswa dapat menentukan  perobahan enthalpy secara kalorimetri.
    7. Siswa dapat menentukan  perobahan enthalpy secara hokum hess.
    8. Siswa dapat menentukan  perobahan enthalpy secara enthalpy pembentukan.
    9. Siswa dapat menentukan  perobahan enthalpy secara data energy ikatan.
    10. Siswa dapat menentukan  perobahan enthalpy secara atomisasi.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s